Kenapa Penting Belajar Pronunciation

Guru Bahasa Inggris A. J. HogeKenapa Penting Belajar Pronunciation. Pronunciation merupakan aspek utama dalam skill berbahasa. Tidak hanya Bahasa Inggris tentunya, namun semua Bahasa dunia memiliki kekuatan pronunciation. Tapi sayang masyarakat Indonesia yang memiliki antusias dan berkesempatan mempelajari bahasa khususnya Bahasa Inggris seringnya mengenyampingkan pronunciation. Lebih mementingkan grammar atau speaking.

Seorang guru Bahasa Inggris yang ternama di Amerika A. J. Hoge dengan gamblang mengatakan “Stop Learning Grammar!”. Wow, sepertinya pesan ini menampar sistem pengajaran Bahasa Inggris Indonesia yang lebih mengedepankan Grammatical sebagai materi unggulan di setiap sekolah, baik itu SD, SMP, maupun SMA. Saya kadang memikirkan pesan A. J. Hoge itu, dan menyimpulkan dua kalimat, “I Agree!”. Karena sekolah sejatinya bukan kejar paket ujian tulis. Namun sarana membangun skill yang artinya berorientasi pada pembangunan skill berbahasa. Targetnya tentu agar peserta didik mampu Berbahasa Inggris secara aktif. Bukan mampu hafal setiap detil rumusan grammar.

A. J. Hoge beralasan “Grammar hanya akan membuat Anda berfikir”. Tidak sadar pesan beliau memang terjadi dalam diri kita. Sekian tahun kita belajar Bahasa Inggris di bangku sekolah dan kita tidak pernah bisa berbicara Bahasa Inggris secara aktif. Itu karena saat kita hendak mempraktekkan Bahasa Inggris, kita terkendala banyak hal. Selain lingkungan yang tidak tercipta secara kondusif, kebanyakan kita akan langsung berfikir “Bener gak ya susunan kalimatnya? Bener gak ya grammarnya? Bener gak ya kalo kata ini di ucapkan setelah yang ini?”. Pertanyaan pertanyaan tersebut adalah pertanyaan pertanyaan seputar grammar yang selalu menjadi dinding penghalang kita untuk praktis. So, I Agree with A. J. Hoge’s statement!

American And UK Flag Heads

Maka English For Learning sejatinya tidak inging membahas terlebih dahulu persoalan seputar grammar. Namun dikarenakan berbedanya segmentasi pembaca English For Learning maka kami coba mengalah. Kami coba sediakan materi materi grammar dengan cara kami sendiri. Tentunya dengan cara yang lebih menyenangkan dan practical.

Kembali ke pembahasan semula, maka English For Learning lebih mementingkan 3 aspek lain yaitu speaking – pronunciation – dan vocabulary. Kenapa Penting Belajar Pronunciation? Saya kira jika kita berada di Amerika atau wilayah wilayah dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, tentu kita bisa saja mengenyampingkan pronunciation. Karena disekeliling kita adalah native yang mereka berbahasa Inggris dengan fasih. Namun kita berada di Indonesia yang terkadang guru kita sendiri mengajarkan Bahasa inggris dengan medok bahasa daerah. Efeknya tidak akan kita rasakan saat itu juga, tapi akan sangat berdampak ketika kita berkomunikasi langsung dengan Native English Speaker.

So, you have to learn it together with. Karena sebenarnya jika kamu belajar Bahasa Inggris (termasuk semua bahasa) dengan benar dan seperti native, saya jaminkan proses belajar akan semakin mudah dan lebih menghemat waktu. Terlebih hal tersebut akan membiasakan kamu lebih akrab dengan Bahasa Inggris, sehingga ketika kamu harus praktis dengan bule kamu tidak akan kesulitan.

Sekian artikel tentang Kenapa Penting Belajar Pronunciation. Semoga bermanfaat dan memudahkan kamu semua belajar Bahasa inggris.

Published by: English For Learning

Categories: Pronunciation | Tags: , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: